8/14/12

FIRST AIDER EMERGENCY RESPONSE 2012 ( FAER 2012 )

Logo Lomba Pertolongan Pertama

Martapura, 6 Agustus 2012
Nomor             : 351/DIKLAT/VIII /2012
Lampiran         : 1 berkas
Perihal             : Undangan

Undangan Lomba ini ditujukan kepada seluruh organisasi potensi SAR dan           perusahaan yang menerapkan K3
   di-
   
Dengan hormat,
               Dalam rangka hari Pertolongan Pertama (PP) 11 September & HUT Palang Merah Indonesia 17 September, Dengan ini kami dari Palang Merah Indonesia Kabupaten Banjar akan mengadakan kegiatan Lomba ”First Aid Challange Se-Kalimantan Selatan”, dengan tema “IT’S A MATTER OF LIFE AND DEATH” yang akan diselenggarakan pada:
Hari                :  Minggu
Tanggal          :  16 September 2012
Tempat           :  Ruang Terbuka Hijau (RTH) alun-alun Ratu Zalecha Martapura 
Bersama ini juga kami lampirkan pentunjuk teknis dan formulir pendaftaran.
Demikian undangan ini disampaikan, atas kerjasama dan perhatiannya kami ucapkan terima kasih.
                              Panitia Pelaksana
Ketua Pelaksana,                                                    Sekretaris,



 Risfi Aditya                                                        Roezal Putra Pratama

Pengurus
 PALANG MERAH INDONESIA
Kabupaten Banjar
Ketua,



H. MAWARDI ABBAS


PETUNJUK TEKNIS
Pelaksanaan :
Lomba ini akan dilaksanakan pada:
Hari/Tanggal           : Minggu,  16 September 2012
Jam                       : 08.00 s.d 18.00 WITA
Tempat                  : Ruang Terbuka Hijau (RTH) Kabupaten Banjar,
  Martapura
Dewan juri terdiri dari unsur:
  1. PMI Provinsi Kalimantan Selatan.
  2. PMI Kabupaten Banjar.
  3. BASARNAS  Provinsi Kalimantan Selatan.
  4. Dokter IGD RS Ratu Zalekha.

Persayaratan Pendaftaran Peserta:
1.    Peserta yang mendaftar merupakan perwakilan dari Unit Organisasi yang berpotensi untuk memberikan pelayanan Pertolongan Pertama di Kalimantan Selatan atau perwakilan perusahaan yang telah menerapkan K3 di lingkungan perusahaan.
2.    Peserta membawa surat tugas atau surat rekomendasi dari organisasi atau perusahaan tempatnya bernaung.
3.    Peserta merupakan tim yang terdiri dari 8 orang.
4.    Peserta wajib membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 150.000,- kepada panitia pelaksana kegiatan. Batas waktu pembayaran adalah sebelum technical meeting dilaksanakan.
5.    Peserta akan dibatasi hanya sebanyak 20 tim.
6.    Tim yang dinyatakan terdaftar adalah tim yang sudah melakukan pembayaran biaya pendaftaran dan dinyatakan terdaftar oleh panitia pelaksana.
7.    Panitia pelaksana berhak menutup pendaftaran peserta jika kuota 20 tim yang sudah terdaftar terpenuhi.
8.    Jika peserta dari tim perusahaan terdaftar sebanyak minimal 6 tim, maka lomba akan dibagi menjadi 2 kelompok – Umum dan Corporate – sehingga ada 2 kategori piala yang dipertandingkan. Waktu pelaksanaan dan teknis kegiatan tidak akan dirubah sesuai dengan kesepakatan pada saat technical meeting.
9.    Pengundian nomor urut peserta, format penilaian, teknis lomba dan hal-hal lain yang dianggap perlu akan diputuskan pada saat technical meeting.
10. Peserta yang sudah mendaftar tetapi tidak mengikuti technical meeting dianggap menyetujui hasil technical meeting. Dan jika pada saat waktu pertandingan tidak hadir, tidak siap atau menyatakan mengundurkan diri maka akan dinyatakan didiskualifikasi.
11. Uang pendaftaran yang telah diterima oleh panitia pelaksana tidak dapat ditarik kembali.

Teknis Kegiatan:
Deskripsi umum lomba:
VEHICLE ACCIDENT
Di babak ini tim penolong harus mensimulasikan bagaimana penatalaksanaan terhadap korban kecelakaan mobil.  
Kasus:
2 orang pengendara motor melaju di jalan raya. Tiba-tiba mobil dengan kecepatan tinggi dan kehilangan kendali karena supir mengalami kelelahan dan mengantuk. Supir mengerem mendadak dan terbentur stir mobil. Tetapi momentum tersebut tidak dapat menghindarkan kejadian tertabraknya 2 orang pengendara motor tadi. Supir mengalami sentakan hebat dan menderita cedera spinal serius sedangkan korban tertabrak mengalami patah tulang paha dan luka-luka serta seorang lagi mengalami henti napas dan henti jantung.
Seorang anggota tim rescue sedang berada di lokasi kejadian langsung melakukan penanganan awal dan menghubungi Emergency Response Team untuk meminta bantuan. 1 menit kemudian bantuan datang.

Teknis lomba akan dirincikan pada Rapat Koordinasi Juri sekaligus dengan format penilaian dan akan disampaikan kepada seluruh peserta lomba pada saat Technical Meeting.
No.
Kegiatan
Waktu
Ket.
1.
Pendaftaran Peserta
1 Juni – 31 Agustus 2012


2.
Rapat Koordinasi Juri
2 September 2012
15.00 – 17.00 WITA

3.
Technical Meeting
9 September 2012
10.00 – 12.00 WITA

4.
Pelaksanaan Lomba
16 September 2012
08.00 18.00 WITA


Tempat pendaftaran : Markas PMI Kabupaten Banjar, Jl. Jend. A. Yani. No 4 Km. 38.00 Martapura 70614. Telp : 0511-4721016

Untuk informasi lebih lanjut dapat langsung ditanyakan kepada:
                Anton Suhendro      : 0813 496 096 88
                Ahmad Zahid           : 0878 142 277 11