10/9/13

PMI KABUPATEN BANJAR MELAKSANAKAN GLADI POSKO BANJIR DI ALUN-ALUN KOTA MARTAPURA

Ketua PMI Banjar: Koordinasi Kunci Penanganan Bencana Yang Efektif


MARTAPURA,PASTI@- PMI Kabupaten Banjar bekerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banjar Melakukan gladi bersih posko penanggulangan bencana banjir di Alun-alun Ratu Zaleha Martapura, (4/9) pagi.
Dalam gladi posko penanggulangan banjir ini di adakan simulasi yang dilakukan dalam empat skenario. Adapun pihak yang terlibat dalam simulasi tersebut yaitu, PMI Kabupaten Banjar, BPBD Kabupaten Banjar, Dinkes Kabupaten Banjar, Dishub Kabupaten Banjar, Dinsos Kabupaten Banjar, Disperkim Kabupaten Banjar, Kodim 1006/Martapura, RSUD Ratu Zaleha, BLH, Buser 690, Polres Kabupaten Banjar, Orari, Camat Mataraman, Satpol PP Kabupaten Banjar.
Terkait masalah Banjir memang ada beberapa daerah di Kabupaten Banjar yang rawan terhadap bencana banjir antara lain daerah Kecamatan Sungai Pinang, Pengaron, Simpang Empat, Matraman, Astambul, Martapura Timur dan Martapura Barat, Martapura Kota, Sungai Tabuk dan Tatah Makmur.
Menurut Ketua PMI Kabupaten Banjar H. Mawardi Abbas, S. Sos, Sasaran gladi posko banjir yang bertema “Satu Komando Untuk Kemanusiaan” untuk menguji kesiapan dan sistem koordinasi komunikasi semua pihak yang terlibat dan siap membantu bencana terutama bencana banjir.
“Koordinasi adalah kunci penanganan bencana agar lebih efektif, efisien dan tepat sasaran”, ujarnya. (rfq/pasti)



Gladi Posko Banjir di Alun-Alun

MUSIBAH banjir selalu menjadi momok masyarakat di Kabupaten Banjar. Mengantisipasi penanganan yang lebih terpadu dan terkoordinasi, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjar bersama institusi terkait, mengadakan Gladi Posko Banjir di Kabupaten Banjar, bertempat di Alun-Alun Ratu Zalecha Martapura, Rabu (4/9) tadi. Bertema Satu Komando untuk Kemanusiaan, tim gabungan ini terdiri Pemkab Banjar, BPBD Banjar, PMI Cabang Martapura, Kodim 1006 Martapura, Polres Banjar, Buser 690 Banjar dan lain-lain.
Diungkapkan Kepala BPBD Banjar H Noor Sunarto SSos, kegiatan Gladi Posko Banjir dilaksanakan sebagai kesiapan personil dari seluruh tim gabungan, seperti TNI, Polri dan SKPD terkait termasuk Badan SAR Nasional (Basarnas). “Biaya kegiatan ini didanai oleh Belgia. Diharapkan, bisa sinergis dengan masing-masing pengambil kebijakan di institusinya,” kata Noor Sunarto. (*/day)
 
 



 

0 komentar:

Post a Comment