7/18/14

Penanggulangan Keadaan Darurat Bandara Syamsudin Noor

Landasan Ulin– 25/6/2014 PMI kabupaten Banjar terlibat dalam latihan Penanggulangan keadaan darurat di bandara Syamsudin Noor. Dalam simulasi terjadi kecelakaan pesawat Banua Air 737-900 yang ketika lepas landas mengakibatkan pesawat dengan 126 penumpang tersebut terbakar.
PMI kab. Banjar diminta bantuan untuk mengerahkan ambulan. 2 ambulan PMI Kab. Banjar menuju bandara Syamsudin Noor dengan 12 relawan. Bersamaan, PMI Kota Banjarbaru juga mengirimkan 1 ambulan dan 10 relawan. Akhirnya 3 Ambulan PMI dan 22 relawan PMI terlibat dalam penanggulangan ini.
Satu persatu korban di evakuasi keluar pesawat oleh tim SAR. 96 orang dinyatakan meninggal, 18 luka berat dan 6 orang luka ringan.
Titik aman pada lokasi kecelakaan di bagi menjadi 4 bagian. Daerah merah untuk korban hidup dengan kondisi parah (luka kepala, patah tulang terbuka, henti napas), daerah kuning untuk korban luka sedang, daerah hijau untuk korban luka ringan dan sadarkan diri, daerah hitam untuk korban tewas.
Pembagian titik ini memudahkan tim pertolongan untuk mengutamkan pertolongan terhadap korban yang lebih parah terdahulu. Dalam dunia pertolongan dan PMI di sebut dengan sistem Triage.
Tim PMI melakukan perolongan pertama pada korban luka-luka dengan mengutamkan korban yang berada di daerah merah dan kuning dan merujuk ke rumah sakit terdekat. Tercatat 7 ambulan dan timnya terlibat dalam kegiatan pertolongan ini. Banyak korban luka bakar dan patah tulang.
2 ambulan PMI Kabupaten Banjar sendiri tercatat 5 kali membawa pasien ke rumah sakit TNI AU yang terdekat dari bandara Syamsudin Noor.
Setelah korban luka selesai, tim PMI melanjutkan mencari dan mengevakuasi korban meninggal bersama tim lainnya dan membawa ke  daerah hitam. Setiap korban tewas dikumpulkan di tempat tersebut dan dilakukan identifikasi oleh pihak kepolisian.
Tim Penalong mengevakuasi 96 korban ini memerlukan banyak tenaga dan personil. 8 relawan dari PMI bekerja keras dengan tim-tim dari kantor SAR Banjarmasin, Security bandara, TNI AU, dan Damkar Banjarbaru (jr)
Proses evakuasi korban
Penanganan luka (cedera) kepada korban

Posted via Blogaway

0 komentar:

Post a Comment